4 Tips Memeriksa Mesin Mobil Bekas, Layak Beli atau Tidak?

Wuling kini menjadi salah satu produk mobil yang banyak dicari di Indonesia. Saat mencari mobil bekas untuk digunakan, mobil bekas Wuling bisa jadi pilihan tepat. Namun, pembelian mobil bekas harus disertai dengan ketelitian tinggi saat memilihnya.

Memeriksa Mesin Mobil

Bagian yang penting untuk diperiksa secara teliti saat membeli mobil bekas adalah mesinnya. Pastikan mesin mobil masih bekerja optimal sehingga mobil tersebut layak dibeli meskipun bekas pakai. Berikut adalah 4 tips yang dapat dilakukan saat memeriksa kondisi mesin mobil bekas:

1. Cek Ruang Mesin

Begitu membuka kap mobil, langsung lihat kondisi ruang mesinnya. Cek apakah di ruang mesin terdapat bekas cat baru. Jika ada, maka bisa jadi ini merupakan indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Jika hal ini terjadi tanyakan secara detail kepada pemiliknya, apa yang menjadi penyebab mesin diturunkan.

2. Coba Nyalakan

Salah satu cara termudah untuk memeriksa kondisi mesin adalah dengan menyalakannya. Coba nyalakan mesin dan dengarkan apakah suaranya masih halus dan konsisten atau tidak. Jika mobil dalam kondisi bagus maka saat dinyalakan dari kondisi dingin mesin akan langsung menyala konstan.

3. Lihat Speedometer

Berikutnya cobalah mengamati speedometer mobil. Ketika mesin sudah menyala, cobalah menginjak gas secara perlahan lalu lepaskan. Amati bagaimana turunnya jarum RPM dan pastikan gerakannya stabil. Ini menjadi salah satu indikator bahwa mobil bekas Wuling yang akan Anda beli dalam kondisi baik.

4. Dengarkan Suara Mesin

Suara yang dihasilkan saat mesin dinyalakan juga bisa menjadi indikator kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Mesin mobil dikatakan tidak dalam kondisi bagus apabila ada suara gesekan dari plat besi atau suara ketukan dari dalam bagian mesin. Jika suara mesin mulus dan konsisten, maka bisa dikatakan kondisinya bagus untuk dipakai kembali.

 

Itulah 4 tips yang bisa dilakukan saat memeriksa kondisi mesin mobil bekas. Anda bisa mencari referensi harga mobil Wuling di beberapa bursa mobil untuk mendapatkan perbandingan. Pelan-pelan saja saat berburu mobil bekas agar bisa mendapatkan yang kualitasnya terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *