Biden Unggul dalam Perolehan Electoral Votes, Trump Dapat Suara Lebih Banyak untuk Popular VotesĀ 

Hasil pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) masih terus masuk dan dihitung untuk menentukan siapa yang akan melenggang ke White House. Berdasarkan hitungan sementara, Joe Biden dari Partai Demokrat disebut unggul dalam perolehan suara elektoral (electoral votes) atas petahana Presiden Donal Trump. Sementara Trump sendiri unggul dalam perolehan popular votes atau perolehan suara langsung dari pemilih di Negeri Paman Sam.

Dilansir New York Times (NYT), Rabu (4/11/2020), Biden sementara ini berhasil mendapatkan131 electoral votes, sementara Trump baru mendapatkan 92 electoral votes. Adapun berdasarkan penghitungan NYT, saat ini Trump dinyatakan unggul dalam jumlah popular votes walaupun hanya unggul tipis. Trump disebut unggul dengan meraih 50,4 persen atau 29.505.921 suara.

Biden sendiri telah meraih 48,2 persen atau 28.221.691 suara. Tak jauh berbeda dengan NYT, ABC News juga melaporkan hasil serupa, dimana Biden unggul dalam perolehan electoral votes namun kalah dalam popular votes. Berdasarkan data ABC News, Biden meraih89 electoral votes dan Trump meraih 72 electoral votes sejauh ini.

Sementara untuk popular votes, Trump unggul dengan raihan 28.602.024 suara atas Biden yang hanya meraih 27.311.137 suara. (NYT/ABC News).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *