Tips Agar Rak Piring Selalu Bersih

Rak piring menjadi salah satu benda terpenting yang ada di dapur. Namun rak piring sering dilupakan jika sedang membersihkan dapur. Karena tidak mudah untuk membersihkan rak piring apalagi untuk rak piring aluminium. Padalah rak piring adalah benda yang harus selalu bersih karena disana adalah tempat menyimpan alat makan yang kita pakai setiap hari. Jika rak piring itu kotor, maka akan berdampak kepada piring yang ingin kita pakai, dan akan berdampak kepada makanan yang ingin kita makan.

Untuk itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan untuk rak piring khususnya, dan untuk kebersihan dapur umumnya. Karena membersihkan rak piring ini cukup sulit dan ribet. Berikut adalah tips agar rak piring selalu bersih.

  1. Selalu jaga kebersihan dapur

Jika dapurnya kotor, maka akan berpengaruh terhadap seluruh benda yang ada di dalam dapur, salah satunya rak piring. Jika dapur saja kotor, maka rak piring juga pasti kotor. Karena kebersihan akan berdampak terhadap kesehatan. Seperti yang dikatakan oleh Vera Peterson Presiden Molly Maid, sebuah perusahaan Neighbourly.  “Penyakit bawaan makanan atau jenis pertumbuhan bakteri lainnya adalah masalah paling mungkin kita hadapi di dapur.”

  1. Metode sanitasi

Menurut Peterson, rak piring bisa dicuci mengggunakan mesin pencuci piring untuk memastikannya tetap bersih dan tidak mengumpulkan partikel makanan yang dapat menyebabkan bakteri atau jamur. Namun, untuk yang lebih mudahnya yaitu cukup mencucinya dengan air panas dan sabun cuci piring setiap kali digunakan guna mencegah perma

  1. Bersihkan rak piring secara bertahap

Jika ingin membersihkan rak piring khususnya rak piring aluminium, tentunya harus dengan bertahap, sebagai berikut.

  • Membersihkan bagian luar

Tahap pembersihan bisa diawali dengan bagian luar terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyiapkan kain lap dan air. Lalu, lap seluruh bagian luar rak piring menggunakan lap bersih dan kering. Mulailah mengelap dari depan, atas, hingga ke belakang rak piring yang pastinya menyimpan banyak debu dan kotoran.

  • Keluarkan semua benda didalam rak piring

Jika bagian luar sudah dibersihkan, selanjutnya adalah bersihkan isi bagian dalam rak piring dengan mengeluarkan semua benda di dalamnya mulai dari piring, mangkok, gelas, sendok, dan lainnya.

  • Bersihkan isi bagian kulkas

Selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam rak piring. Untuk membersihkannya, semprotkan cairan pembersih ke semua bagian dalam rak tersebut. Kemudian lap sampai semua kotoran yang menempel hilang. Jika sudah, biarkan semua bagian kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.